Tips Memilih Aplikasi Fintech Masa Kini yang Terbaik dan Aman

Fintech di Indonesia
Fintech di Indonesia (KalderaNews/ISt)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Memiliki aplikasi fintech yang benar-benar lengkap dan aman menjadi dambaan banyak orang modern saat ini. Apalagi, perusahaan financial technology (fintech) di Indonesia berkembang pesat dalam dua tahun terakhir sehingga sedikit menyulitkan dalam memilih.

Belum lagi, kita tentu tercengang melihat hasil penelitian PricewaterhouseCoopers (PwC) pada Juni 2016 lalu yang menemukan dua-pertiga (67%) perusahaan layanan keuangan mengalami tekanan pada margin keuntungan terkait ancaman terhadap fintech, diikuti dengan hilangnya pangsa pasar sebesar 59%, karena ancaman hacker dengan berbagai jenis serangan cyber-nya.

BACA JUGA

Hacker memang demen dengan yang namanya lembaga atau perusahaan layanan keuangan karena target akhir mereka memang uang. Oleh sebab itu, baik kiranya kita memperhatikan beberapa tips memilih aplikasi fintech aman, sebelum memasangnya di smartphone:

  1. Pilih Aplikasi Fintech yang Lengkap
    Kebutuhan aplikasi fintech setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi, aplikasi fintech yang lengkap dengan fitur-fiturnya sudah menjadi kebutuhan mendesak orang-orang modern. Aplikasi fintech yang kaya fitur akan mempermudah seseorang memenuhi kebutuhannya seperti untuk pembayaran, pembelian dan transfer dana. Aplikasi fintech di smartphone digandrungi karena benar-benar memangkas jalur transaksi yang selama ini berlaku. Dengan aplikasi di smartphone, seseorang tak perlu antre di ATM, tak perlu antre di loket hingga tak perlu capek-capek lari ke toko swalayan untuk bertransaksi. Semua transaksi bisa dilakukan dengan smartphone di genggaman. Fitur yang lengkap jelas memiliki fungsi yang lebih efektif. Banyak orang tak mau direpotkan dengan banyak aplikasi keuangan di smartphonenya. Kalau bisa dengan satu aplikasi untuk semua transaksi, kenapa harus menginstal banyak aplikasi di ponsel pintar kita. Begitu masyarakat selalu berdalih.
  2. Download dari Situs Resmi
    Jika ingin aplikasi yang terbaik untuk smartphone, sebaiknya Anda mendownloadnya langsung dari situs atau store resmi. Langkah ini sangat perlu diambil untuk meminimalisir smartphone Anda terkena serangan malware, spyware dan virus yang mampu merusak sistem, aplikasi hingga mencuri data-data keuangan. Belum lagi, di luar situs dan store resmi, biasanya scam atau pencurian data dengan berbagai variasinya mulai dari aplikasi phishing hingga phishing terang-terangan melalui email, SMS hingga menelpon calon korban banyak bertebaran. Pada umumnya, phishing mencuri username, password, nama rekening, nomor rekening, dan data–data pribadi lainnya. Dengan data login nasabah tersebut, pencuri bisa melakukan aktivitas seperti layaknya nasabah biasa.
  3. Perhatikan Review dan Rating dengan Cermat
    Pastikan dulu review dan rating aplikasi fintech yang akan Anda unduh. Kuncinya: pilih aplikasi dengan review yang positif dan rating yang bagus. Paling tidak, aplikasi yang akan kita unduh mempunyai 4 bintang untuk ratingnya.
  4. Pilih Aplikasi yang Aman
    Aplikasi fintech terbaik adalah aplikasi yang menawarkan pengguna dengan jaminan keamanannya. Sistem keamanan aplikasi terkini yang berlapis-lapis memang harus terus diinovasi seperti yang dilakukan. Inovasi dan kreasi sistem keamanan dibutuhkan agar masyarakat nyaman melakukan transaksi digital mulai dari bayar, beli hingga transfer dana, pinjam uang dsb. Umumnya dikenal 3 Factor Authentication (3FA) atau three layer security yaitu level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password). Level password terdiri atas kombinasi angka, huruf dan spesial karakter. Fintech sebaiknya juga diproteksi dengan sistem keamanan SSL 256 bit dan resmi di bawah otoritas pemerintah yang resmi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*