6 Kiat yang Harus Kamu Lakukan di Awal Kuliah

Tips Awal Kuliah
Ilustrasi: Tips Awal Kuliah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi mahasiswa baru, tahun-tahun terberat di kampus adalah tahun pertama. Hal ini wajar, sebab kehidupan kampus dan sekolah sangat jauh berbeda. So, agar tahun pertama kuliahmu lancar, yuk simak tips berikut:

Jangan bolos kuliah
Kuliah menuntut kamu dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Apalagi, hampir semua mata kuliah sangat mementingkan absensi. Walaupun kadang masih banyak mahasiswa yang suka titip absen, tetapi kehadiran di kelas lebih penting. Maka, kamu mesti rajin kuliah. Kehadiran juga kadang memengaruhi nilai di akhir semester.

BACA JUGA

Memperbaiki skill mencatat
Kamu tidak perlu mencatat semua penjelasan dosen. Cukup dengarkan baik-baik penjelasannya, cerna, lalu catat poin-poin penting. Pahami dan jangan hanya menghafal yang kamu catat. Dengan mencatat, kamu jadi lebih fokus selama belajar di kelas.

Cari cara belajar yang sesuai
Tiap semester kamu harus mengambil beberapa mata kuliah. Nah, untuk setiap mata kuliah biasanya selalu akan ada tugas, kuis, dan ujian yang harus kamu kerjakan. Jika kamu tidak tahu metode belajar yang paling nyaman, kamu bisa kesulitan dalam menyelesaikan. Maka, cari cara belajar yang bisa membuat kamu nyaman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*