Indonesia Jawara Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia di Bangkok

Sharing for Empowerment

Kemenangan Indonesia semuanya bersifat kemenangan mutlak atas negara Chili, Turki, Slovakia, UEA, dan Jepang. Tiga kekalahan split decision (tidak mutlak) dari negara Amerika Serikat, Irlandia, dan Denmark.

Dengan nilai tersebut, Indonesia melaju ke babak eliminasi Partial Double Octofinals. Dalam babak ini Indonesia berhasil mengalahkan tim dari Yunani. Pada babak eliminasi selanjutnya, tim Indonesia mendapat satu vote dari juri saat melawan tim Singapore, sehingga tim Indonesia masuk sebagai octofinalis.

Dengan prestasi ini, Indonesia dinobatkan sebagai The 5th Best ESL Team. Ini adalah gelar pertama yang diraih oleh Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di WSDC.

Kelima debaters atau siswa-siswi yang mewakili Indonesia dalam ajang WSDC adalah Cassia Tandiono dari SMA Pelita Harapan Kemang Village, Joshua Karel Riantoputra dari SMAN 2 Tangerang Selatan, Swanny Wijaya dari SMA Sutomo Medan, Joshua Luke Tandiono dari SMA British Indonesia Jakarta, serta Maria Gracia Primaningtyas dari SMAN 4 Denpasar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*