1.614 Ilmuwan Muda Siap Berkompetisi di Pimnas 2019




Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Udayana (Unud) siap menyambut 1.614 ilmuwan muda dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 tahun 2019. Ajang bergengsi tingkat nasional ini akan digelar 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud, Bukit Jimbaran, Bali.

Peserta Pimnas ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia, terdiri atas 70 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan 56 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai 71 orang juri.

BACA JUGA:

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im mengungkapkan, “Pimnas ini ajang kompetisi nasional dalam hal ilmu dan teknologi, serta kreativitas lainnya.” Ainun melanjutkan, kegiatan Pimnas diharapkan menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa. Selain itu juga dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri.

Sementara Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, Ismunandar, mengungkapkan, penyelenggaraan Pimnas ke-32 di Agustus turut menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema yang diangkat dalam Pimnas ke-32 sangat erat kaitannya dengan tema HUT ke-74 RI, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Tema Pimnas ke-32, yakni “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Kreatif, Inovatif, Unggul, dan Mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebinekaan”. Ia pun menjelaskan bahwa Pimnas menjadi ajang penanaman jiwa nasionalisme mahasiswa.

Rektor Universitas Udayana Raka Sudewi mengatakan, sebagai tuan rumah, Unud telah mempersiapkan segala fasilitas pendukung dengan maksimal agar penyelenggaraan Pimnas dapat berjalan dengan baik. “Kami telah mempersiapkan segalanya, mulai dari infrastruktur IT, ruang kelas presentasi, ruang lomba poster dan gelar produk PKM, akomodasi, penginapan, konsumsi, transportasi, serta hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Unud pun siap memfasilitasi para peserta dengan disabilitas,” ujar Sudewi.

Pembukaan PIMNAS ke-32 akan digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Badung, Bali, pada 27 Agustus 2019. Acara akan dibuka Menristekdikti, Muhamad Nasir. Acara pembukaan akan diramaikan dengan pergelaran seni budaya bertajuk “Satu dalam Kebhinekaan”. Sementara itu, acara penutupan dan pengumuman juara rencana akan digelar di Taman Budaya Art Centre Denpasar, Jumat, 30 Agustus 2019. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*