Inilah 3 PTS Terbaik Versi QS AUR 2022, Ada Binus University di Posisi 9 se-Asia




Kampus Binus University
Kampus Binus University (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – QS Asia University Rankings (AUR) 2022 telah merilis pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, tiga diantaranya merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) ternama, salah satunya Universitas Bina Nusantara (Binus) yang menduduki ranking 9 se-Asia.

Sebanyak 34 perguruan tinggi di tanah air memperoleh pemeringkatan dari QS AUR tersebut yang berasal dari perguruan tinggi swasta (PTS) dan juga dari perguruan tinggi negeri (PTN).

Ada 11 indikator penilaian  yang dilakukan terhadap seluruh populasi perguruan tinggi tersebut sehingga menghasilkan pemeringkatan sedemikan rupa.

BACA JUGA:

Indikatornya meliputi: Reputasi akademik, Reputasi lulusan, Rasio mahasiswa, Jumlah dosen bergelar Doktor, Indeks sitasi, Publikasi per fakultas, Jejaring riset internasional, Internasionalisasi fakultas, Jumlah mahasiswa asing, Jumlah pertukaran mahasiswa dalam negeri dan Jumlah pertukaran mahasiswa luar negeri.

Berikut ini daftar tiga PTS terbaik menurut riset QS Asia University Rankings (AUR) 2022 yang berada di sejumlah kota besar Pulau Jawa. Ada yang di Jakarta (Binus University), Bandung (Telkom University) dan di Tangerang Universitas Pelita Harapan (UPH).

Binus University (peringkat ke-9)

Dengan moto “Membangun Bangsa melalui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, Binus ternyata telah berdiri sejak tahun 1996 lalu. Berakreditasi A, Binus telah banyak mendapatkan penghargaan terkait prestasi, salah satunya ISO 9001.

Binus memiliki 3 jenis program kuliah, yakni program reguler: di tingkat sarjana, magister dan doktoral. Lalu ada program internasional dimana mahasiswa akan memperoleh gelar sarjana dari perguruan tinggi rekanan Binus di luar negeri. Terakhir ada program secara daring, yakni dimana perkuliahan dilakukan secara jarak jauh melalui media internet.

Nama-nama tokoh publik yang pernah berkuliah di Binus adalah, William Tanuwidjaja (CEO Tokopedia), Raisa (penyanyi), Yasa Singgih (CEO Mens Republik) dan banyak lagi nama lainnya.

Untuk estimasi biaya SPP per semesternya di Binus kisaran 20 juta Rupiah, di luar biaya masuk dan biaya pendaftaran.

Telkom University (peringkat ke-12)

Telkom University mempunyai slogan Creating the Future (Partum in Futuro). Didirikan pada tahun 2013, Telkom University merupakan afiliasi Telkom Indonesia dan bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Telkom. Kampusnya berada di kawasan Bandung Technoplex, perguruan tinggi swasta ini telah banyak mengukir prestasi bergengsi.

Terdapat 34 program studi yang dikelola 7 fakultas dengan sarana pendukung yang sangat memadai dan diasuh oleh dosen yang kompeten di bidangnya, Binus layak jadi acuan untuk kamu yang sedang mencari kampus idaman.

Berikut segelintir nama tokoh publik yang menjadi alumni di PTS kebanggan urang Bandung, yaitu Gina Sonia (pembaca berita di TVRI), Aiman Witjaksono (jurnalis di RCTI) dan banyak nama lainnya.

Kisaran biaya yang dibutuhkan jika kamu memilih kuliah di PTS terbaik nomor 12 se-Asia ini terdapat perbedaan jadi 3 yaitu jalur seleksi reguler, seleksi USM, dan jalur kelas Internasional.

Universitas Pelita Harapan (peringkat ke-29)

Terletak di Lippo Village, Tangerang, PTS UPH berdiri sejak tahun 1994 James Riady dan Johannes Oentoro dari Grup Lippo.

Memiliki 15 fakultas tingkat sarjana, 8 program studi tingkat magister dan 2 program studi tingkat doktoral, UPH sangat banyak meraih prestasi bergengsi dan tentu saja sarana dan prasarana pembelajaran yang sangat memadai.

Nama tokoh publik seperti Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), ternyata merupakan alumni UPH juga.

Perkiraan biaya untuk kamu yang ingin kuliah di PTS UPH di tingkat sarjana sekitar 16-52 juta Rupiah per semesternya, tergantung jurusan yang diambil.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*