Selamat, Indonesia Juara Umum IGeo 2019 Kalahkan AS dan Inggris




Tim Olimpiade Geografi Indonesia
Tim Olimpiade Geografis Indonesia: Fernando (SMA Sutomo 1Medan) yang menggondol 1 Emas, Fayola (SMA Methodist3 Medan): 1 Emas, Hadyan F. Anshori (MAN Insan Cendikia Gorontalo): 1 Perak, dan Agista Kumala Dewi SMA (Semesta BBS Semarang): 1 Perak (KalderaNews/PSMA.Kemendikbud)

HONG KONG, KalderaNews.com – Tim Olimpiade Geografi Indonesia menorehkan prestasi membanggakan di kancah dunia dengan menggodol Juara Umum dalam ajang International Geography Olympiad (IGeo) 2019 yang diselenggarakan di Hong Kong, 30 Juli-5 Agustus 2019.

Siswa-siswi Indonesia pun menjadi sorotan dunia diantara 176 siswa dari 44 negara. Secara umum, perolehan Tim Olimpiade Geografi Indonesia dalam ajang IGEO 2019 telah berhasil memperoleh peringkat 1 dari 44 negara.

Tim Olimpiade Geografis Indonesia terdiri atas empat siswa terbaik yakni Fernando (SMA Sutomo 1Medan) yang menggondol 1 Emas, Fayola (SMA Methodist3 Medan): 1 Emas, Hadyan F. Anshori (MAN Insan Cendikia Gorontalo): 1 Perak, dan Agista Kumala Dewi SMA (Semesta BBS Semarang): 1 Perak.

BACA JUGA:

IGEO 2019 berlangsung dalam tiga babak tes, yaitu Written Response Test (WRT/Tes Tertulis), Fieldwork Test (FWT/Tes Lapangan), dan Multimedia Test (MMT/Tes Multimedia).

Tim Olimpiade Geografi Indonesia sangat unggul dalam WRT (Tes Tertulis) dibuktikan dengan total score untuk WRT yang mencapai peringkat 3 dari 44 negara.

Untuk test Lapangan (FWT), Indonesia berada di peringkat 7 juga untuk test Multi Media (MMT), berada di peringkat 7. Secara akumulatif tim Indonesia mencapai skor yang paling tinggi yaitu 262.91, disusul oleh USA dengan skor 254.62 dan United Kingdom mencapai skor 252.19.
Tuan rumah IGeo 2021

Koordinator Tim Olimpiade Geografi Indonesia, Samsul Bachri mengakui keberhasilan ini adalah hasil kerja keras para asisten dan dosen, terutama diperbanyak praktek dan latihan soal soal tertulis (WRT) dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online.

“Berdasarkan IGeo Task Force meeting board telah diputuskan bahwa Indonesia berhasil dan memenuhi syarat sebagai tuan rumah International Geography Olympiad (IGeo) ke 18 tahun 2021. Untuk keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah tahun 2021, kami mohon bantuan dukungan penuh dari seluruh komponen bangsa Indonesia,” tutup Samsul. (LF)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*