AIKO: Aplikasi untuk Identifikasi Jenis Kayu dalam Hitungan Detik

AIKO merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kayu dalam hitungan detik (
Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kayu dalam hitungan detik (KalderaNews/LIPI)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Mengidentifikasi jenis kayu kini mudah dilakukan dengan Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) berbasis smartphone yang ditemukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Informatika, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Selama ini, identifikasi jenis kayu biasanya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah paham jenis dan sifat kayu. Padahal pengidentifikasian jenis kayu merupakan hal penting terutama dalam konservasi dan perniagaan kayu.

Permintaan kehadiran alat pengidentifikasian ini begitu tinggi mulai dari bea cukai, penegak hukum, maupun industri perkayuan. Dengan inovasi Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO) ini pun identifikasi jenis kayu mudah dilakukan dengan cepat.

BACA JUGA:

Dikutip dari situs LIPI, AIKO merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kayu dalam hitungan detik.

“Hasil identifikasi kayu diperoleh dengan melakukan klasifikasi terhadap citra makroskopis permukaan tampag lintang kayu,” ujar Esa Prakasa dari Pusat Penelitian Informatika LIPI.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*