Indra Djati Sidi: Ini Kriteria Guru yang Hebat

Guru di depan kelas
Guru di depan kelas (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mantan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Indra Djati Sidi menegaskan guru yang hebat adalah guru yang memiliki karakter yang unggul dan menjadi teladan bagi peserta didik.

Pembentukan karakter pada peserta didik dilakukan melalui keteladanan yang dapat ditiru oleh siswa. Pembentukan karakter pada siswa peserta didik hanya dapat dilakukan oleh guru-guru yang berkarakter pula.

Pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik sehingga siswa menjadi paham tentang mana yang baik dan salah, mampu merasakan nilai yang baik, dan biasa melakukannya. Dengan demikian, pendidikan karakter erat kaitannya dengan kebiasaan yang dilakukan terus-menerus.

BACA JUGA

“Pendidikan karakter yang paling mendasar adalah siswa melihat sendiri karakter pada gurunya,” ujarnya saat pembekalan guru dalam Pleno Pemilihan Guru Berprestasi Berdedikasi dan Kreativitas Jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus di Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.

Menurut Indra, guru yang berkualitas akan memiliki karakter yang baik, yang mana perilakunya dapat ditiru oleh peserta didik. Pendidikan karakter lebih penting dari matematika dan fisika, bukan sekadar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*