Menteri Pendidikan Victoria, Australia Sambangi SMPN 2 Sleman, Sekolah yang Menyenangkan

James Merlino
James Merlino
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan negara bagian Victoria, Australia, James Merlino, tiba-tiba duduk di antara sejumlah siswi SMPN 2 Sleman yang sedang membatik. Ia pun mulai ikut membatik di selembar kain. Ia membentuk pola-pola daun. Tapi sayang, lilin yang ada di cantingnya terlalu banyak, sehingga gambar keluar dari pola batik.

Merlino sempat bercakap dengan para siswi yang sedang membatik, meskipun dengan bahasa yang amat terbatas. Beberapa guru coba membantu para siswi berbincang dengan Merlino.

BACA JUGA:

Merlino memang secara khusus datang ke SMPN 2 Sleman. Ini pertama kali ia menyambangi Sleman. Ia penasaran dengan SMPN 2 Sleman yang katanya memiliki sistem pembelajaran yang mirip dengan sekolah-sekolah di negeri asalnya.

“Sekolah ini menjadi contoh sekolah menyenangkan. Saya senang melihat kolaborasi sistem pembelajaran seperti ini. Siswa senang terus dan selalu siap belajar di sekolah,” tuturnya.

Merlino melihat, sistem pembelajaran di SMPN 2 Sleman memang tak jauh berbeda dengan sekolah-sekolah di Victoria, Australia. Akademik memang penting, katanya, tapi yang tak kalah penting ialah kemampuan siswa mengenali jati diri dan mengembangkan kemampuannya, serta mengekspresikan diri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*