Penggunaan Kata Milenial Terbanyak Ternyata Bukan di Jakarta

Generasi Milenial
Tanpa jaringan internet hidup mereka bakal terasa hampa.Penggunaan internet bisa meninggalkan jejak digital.(KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud menemukan penggunaan kata milenial menjadi kata paling populer sepanjang tahun 2019.

Melalui pendekatan kuantitatif, kata milenial menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun ini dalam KBBI daring, yaitu sebanyak 19.834 pencarian.

Selain kata milenial, terdapat 14 kata terfavorit lainnya dengan jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, survei, daring, zaman, praktik, hoaks, detail, dan sistem.

BACA JUGA:

Kata milenial menjadi populer karena mencerminkan munculnya generasi baru dalam bidang teknologi informasi dalam kurun waktu tahun 1980-an dan tahun 2000-an. Hal itu memunculkan babak baru dalam penyebutan generasi yang dikaitkan dengan kemampuannya dalam penguasaan dan penggunaan teknologi informasi, seperti komputer, internet, dan ponsel (HP) dengan pengembangan varian aplikasinya.

Kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengidentifikasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik ini terlihat pada penggunaan ungkapan anak milenial, generasi milenial, gaya milenial, dan bahasa milenial. Pengguna kata milenial pun tidak terbatas dari kalangan tertentu, tapi mencakup jurnalis, remaja, pejabat, tokoh masyarakat, selebritas, dan masyarakat umum.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*