Wow, Mahasiswa Unsyiah Ini Wisuda Tanpa KKN dan Skripsi

Imam Maulana (Dok. Unsyiah)
Imam Maulana (Dok. Unsyiah)
Sharing for Empowerment

ACEH, KalderaNews.com – Seorang mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bernama Imam Maulana menjadi wisudawan istimewa. Ia lulus tanpa harus melewati Kuliah Kerja Nyata alias KKN dan tidak membuat skripsi. Kok bisa ya?

Imam menjadi satu-satunya mahasiswa dari 1.201 yang lulus dengan keistimewaan. Ia adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Unsyiah. Keistimewaan itu bukan tanpa sebab. Imam adalah penggagas program Santri Dayah First Aider (SADAR) pada 2017.

BACA JUGA:.

Program yang ia usung bersama empat rekannya ini merupakan program pelatihan dan pembinaan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan di Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah. Program ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) ke Kemenristekdikti.

Program SADAR juga lulus untuk dipertandingkan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Yogyakarta pada 2018, namun tak mendapatkan juara. Meski demikan, program tersebut telah berhasil diterapkan di empat dayah unggulan di Banda Aceh dan Aceh Besar, yakni Dayah Inshafuddin, Dayah Darul Ulum, Dayah Al-Manar, dan Dayah Nidhamul Fata.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*