Baru LIPI yang Berani Bilang Perekonomian Indonesia dalam Zona Pesimis

Hujan di Kota Jakarta
Hujan di Kota Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perekonomian Indonesia tahun 2020 bergantung pada faktor situasi ekonomi global. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprediksi perekonomian Indonesia dalam zona pesimis. Kondisi tersebut timbul akibat perang dagang yang tak kunjung mereda dan ditambah maraknya wabah COVID-19 yang dikenal dengan virus Corona.

“Kondisi ekonomi ini merupakan tantangan dan kita harus cepat merespon, itu yang paling penting untuk mengatasi kerugian dan mengembalikan ekonomi sesuai yang diprediksi sebesar 5,04 persen untuk 2020 ini,” ungkap Kepala Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Agus Eko Nugroho pada di Jakarta.

Agus menjelaskan, kerugian ekonomi yang berdampak adalah sektor pariwisata, potensi kerugian adalah sekitar 2 miliyar dolar Amerika.

BACA JUGA:

“Koreksi ini adalah dampak rata-rata PDB sektor pariwisata yang terkontraksi sekitar 0,009 persen,“ jelas Agus. Lebih rinci lagi sektor angkutan udara terkontraksi sekitar 0, 013%, akomodasi 0,008%, serta makanan dan minuman sekitar 0,006%.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*