Baru LIPI yang Berani Bilang Perekonomian Indonesia dalam Zona Pesimis

Sharing for Empowerment

“Ini merupakan first round effect dari apa yang terjadi. Akan berpengaruh lebih dalam lagi jika terjadi second round effect,” kata Agus.

Studi Pusat Penelitian Ekonomi LIPI menyebutkan, sektor pariwisata sangat erat kaitannya dengan keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Terutama pada pada sub sektor makanan, minuman dan kerajinan kayu /rotan. “Dua sub sektor ini yang akan berdampak langsung secara signifikan,” jelas Agus.

Dengan proporsi perhitungan unit usaha makanan minuman ada sekitar 27% (usaha mikro); 1,77% (usaha kecil); dan 0,07% (usaha sedang). Untuk unit usaha kerajinan kayu dan rotan sekitar 17,03% (usaha mikro); 0,38% (usaha kecil); dan 0,01% (usaha sedang).

Sektor lain yang berdampak langsung pada masyarakat adalah perdagangan dan konsumsi.” Untuk perdagangan sekitar 13 persen jenis barang ekspor ke Tiongkok terkena imbas nya dan barang impor 6,5 persen asal Tiongkok berpotensi hilang dari pasar domestik Indonesia. Sedangkan konsumsi, akan terkonstraksi sekitar 0,5 sampai dengan 0,8 persen,” terang Agus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*