Marak Kasus Bullying, Sekolah PENABUR Ciptakan Kanal-kanal Energi Kreatif

Sharing for Empowerment

“Dasar pendidikan Kristiani yang kita tanamkan PKBN2K (Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani). Kita selalu evaluasi (monitoring). Kita lihat apakah karakter-karakter yang kita tanamkan berhasil atau tidak.”

Pentas Teater Caneta SMAK 5 PENABUR di Taman Ismail Marzuki (TIM)
Kemunculan pangeran singa yang selama ini hilang mendatangkan kehebohan dan konflik di kerajaan. Pentas Raja Hutan oleh Teater Caneta SMAK 5 PENABUR Jakarta di TIM, Sabtu, 4 Mei 2019 (KalderaNews/JS de Britto)

Misalnya kebiasaan anak dalam hal bullying, tuturnya, BPK PENABUR Jakarta tidak menganggap ini sebagai hal sepele. BPK PENABUR Jakarta mengatisipasinya dengan berbagai kegiatan yang bisa mengakanalisasi energi siswa dalam kegiatan dan aktivitas positif.

“Kita cari beberapa pemicunya atau letupannya seperti apa. Misalnya, kalau di pabrik itu kecelakaannya keliatan tuh gara-gara ini atau gara-gara itu. Kita cari itu sehingga kita bisa mencoba memberikan solusi untuk memperbaiki,” tandasnya.

Tentunya kegiatan seperti melukis dan pentas seni sangat membantu. Banyak hal yang tadinya dilakukan di waktu iseng (termasuk bullying) oleh peserta didik, itu bisa jadi karena kebanyakan energi yang tak tersalurkan dengan tepat.

Keseruan Festival "Chess In School" BPK PENABUR Jakarta 2019
Peserta turnamen di Festival “Chess in School” 2019 yang diselenggarakan oleh BPK PENABUR Jakarta bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) di Aula SMAK 1 PENABUR, Jl. Tanjung Duren Raya No.4, Jakarta Barat, Sabtu, 12 Januari 2019 (KalderaNews/JS de Britto)

“Anak-anak tentunya banyak energi. Nggak punya cara untuk mengeluarkan energi kreatifnya sehingga menjadi bullying dan sebagainya,” tandasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*