50 Universitas Paling Banyak Menghasilkan Pemenang Nobel (6)

Peringkat 45: École Normale Supérieure (ENS), Paris, Prancis

Sharing for Empowerment

ENS telah mencapai pengakuan khusus di bidang matematika dan fisika sebagai salah satu tempat pelatihan ilmiah terkemuka Prancis, bersama dengan ketenaran dalam ilmu-ilmu humaniora, yang diakui sebagai tempat munculnya penulis-penulis spiritual seperti Julien Gracq, Jean Giraudoux, Assia Djebar, dan Charles Péguy dan banyak lagi.

Sistem pendidikannya yang berbeda dengan kebanyakan universitas di luar Prancis membuat sulit untuk membuat perbandingan. Namun ENS secara konsisten berada di peringkat 18 hingga 33 di QS World University Rankings sejak awal.

Ia juga berada di peringkat kedua dalam kategori ‘universitas kecil,’ di belakang California Institute of Technology, menurut pemeringkatan Times Higher Education Smaller University Ranking tahun 2016 (pemeringkatan untuk lembaga pendidikan dengan kurang dari 5000 siswa). Secara umum ENS dianggap sebagai lembaga utama Prancis untuk pendidikan tinggi dan penelitian, dan saat ini berada pada peringkat pertama di antara universitas-universitas Prancis oleh ARWU dan Times.


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*