Cuci Tangan Lebih Mudah dengan Alat Otomatis Besutan Mahasiswa Telkom University

Mahasiswa Telkom University menyerahkan bantuan alat cuci tangan otomatis. (kalderanews.com/Dok.Telkom University)
Mahasiswa Telkom University menyerahkan bantuan alat cuci tangan otomatis. (kalderanews.com/Dok.Telkom University)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com — Beragam inovasi dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19. Salah satunya dibuat para mahasiswa Teknik Elektro Telkom University. Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE) bersama Ikatan Alumni Elektro (iAe) membuat sebuah alat cuci tangan otomatis dengan bantuan mikrokontroller bernama Automatic Hand Washing Machine.

BACA JUGA:

Alat ini memiliki sensor yang digunakan untuk membaca jika ada tangan pengguna. Ketika sensor membaca adanya gerakan tangan pengguna, maka mikrokontroller akan mengaktifkan pompa untuk mengalirkan air. Sama juga dengan sensor yang digunakan untuk mendeteksi tangan ketika pengguna ingin menggunakan sabun. Air yang dikeluarkan dapat dialirkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sedangkan sabun yang digunakan dalam alat tersebut akan keluar ketika tangan pengguna terdeteksi oleh sensor.

Ketua KMTE, Denny Rinaldi Wicaksana mengatakan bahwa alat ini telah diserahkan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang merupakan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19. Selain itu, alat ini juga dibagikan ke Puskesmas Kujangsari dan Puskesmas Bojongsoang. Dua Puskesmas ini terletak tak jauh dari kampus Telkom University.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*