Riset Menunjukkan Murid Perempuan di Indonesia Lebih Pintar daripada Murid Laki-laki

Murid-murid perempuan di sebuah sekolah. Mereka dapat lebih unggul daripada pria jika diberi kesempatan. (Inovasi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Murid perempuan Indonesia di sekolah dasar lebih pintar dibandingkan murid laki-laki. Bukan saja dalam hal literasi namun juga dalam hal-hal yang berkaitan dengan angka.

Hal ini ditunjukkan oleh sejumlah riset. Sebuah riset yang dilakukan RTI International (2015), misalnya, menunjukkan kinerja akademis murid perempuan di Indonesia secara signifikan lebih tinggi dibanding kinerja murid laki-laki.

Temuan studi yang difasilitasi oleh USAID ini memperlihatkan murid laki-laki di tingkat sekolah dasar secara konsisten selalu tertinggal dibanding murid perempuan dalam hal literasi di semua situasi.

BACA JUGA:

Hasil ini sejalan dengan kecenderungan secara global. Secara internasional, murid perempuan di tingkat sekolah dasar juga cenderung menghasilkan nilai belajar yang lebih baik dibandingkan murid laki-laki.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Innovation for Indonesia’s School Children (Inovasi) program, kerjasama antara pemerintah Australia dan Indonesia, mengkonfirmasi lagi hasil ini. Dengan menggunakan ujian literasi komprehensif dasar, ditemukan bahwa murid perempuan di tingkat sekolah dasar berkinerja lebih baik dibanding murid laki-laki.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*