Berapa Meter Seharusnya Aturan Physical Distancing di Sekolah? Ini Saran Pakar Inggris

Hari pertama sekolah di Swiss. Jarak pembatasan fisik dilakukan secara ketat. Di Inggris pemerintah memberlakukan jarak dua meter. (REUTERS/Denis Balibouse)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Pemerintah Inggris menetapkan dua meter sebagai jarak minimal untuk pembatasan jarak fisik (physical distancing) di sekolah manakala Juni nanti para siswa kembali belajar di kelas. Namun sejumlah pakar kesehatan publik di Inggris menilai aturan itu berlebihan. Mereka lebih menganjurkan jarak satu meter, sesuai dengan saran World Health Organization (WHO).

Professor Robert Dingwall, seorang ahli kesehatan publik, mengatakan aturan dua meter di sekolah Inggris berlebihan dan harus diubah. Mengubahnya menjadi satu meter akan lebih mendorong pemulihan ekonomi dan membuat jutaan anak-anak lebih cepat kembali ke sekolah.

Selain itu, ia juga mengatakan aturan yang mengharuskan sekolah menyingkirkan alat-alat permainan dari kelas hanya memperberat rasa cemas orang tua.

BACA JUGA:

Menurut Dingwall, Inggris hanya satu dari sedikit negara Eropa yang menerapkan aturan dua meter, aturan yang menurut dia, didasarkan pada eksperimen lama pada lingkungan artifisial.

“Jarak dua meter akan membuat orang cemas untuk memberangkatkan anaknya ke sekolah. Jika masyarakat memahami sains secara lebih baik, mereka akan dapat mengatasi rasa cemasnya,” kata dia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*