4 Tantangan dari Guru untuk Menteri Nadiem Saat Rayakan Hardiknas

Mendikbud Nadiem Makarim. (Ist)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com — Para guru yang tergabung dalam Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) memberikan empat tantangan kepada Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei. Tantangan itu adalah untuk menyelesaikan persoalan mendesak di dunia pendidikan di saat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Wasekjen FSGI, Satriawan Salim dalam siaran persnya, sebagai masukan kepada Menteri Nadiem.

Ada pun keempat tantangan itu adalah sebagai berikut:

Pertama, Pemerintah segera membuat skenario pendidikan di masa krisis Covid 19. Kurikulum darurat bukan untuk mengganti kurikulum yang sudah ada tetapi sebagai pedoman penyelengaraan pembelajaran di sekolah yang adaptif terhadap kondisi krisis.

BACA JUGA:

“Mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Lakukan perbaikan atau perubahan terhadap standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi lulus,” demikian Satriawan.

Kedua, FSGI meminta pemerintah membuat skenario penerimaan peserta didik baru di masa krisis Covid-19. Sampai saat ini, Permendkubud PPDB no 44 tahun 2019 dan surat edaran Mendikbud No 4 tahun 2020 dinilai belum mengakomodir hal tersebut.

Ia menilai jika pemerintah memutuskan Juli 2020 sebagai awal tahun ajaran baru, persiapan PPDB 2020 di bulan Mei sudah tergolong terlambat.

Ketiga, pemerintah pusat dan daerah diminta untuk memperhatikan guru honorer, terutama di sekolah swasta. Banyak orang tua tidak mampu lagi membayar SPP di sekolah sswasta. Dibutuhkan tindakan afirmatif pemerintah daerah sebagai solusi agar sekolah swasta dapat bertahan.

Keempat, Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung selama masa krisis Covid-19 masih bermasalah, menurut survei yang dilakukan KPAI dan FSGI. Siswa masih terbenani dengan metode PJJ yang diberikan guru. Di sisi lain, guru masih mengejar pencapaian kurikulum ideal dalam menuntaskan materi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*