3 Pesan Paus Fransiskus kepada Pelajar Menghadapi COVID-19

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Paus mengatakan hal itu di hadapan orang-orang muda, guru dan orang tua yang tergabung dalam Scholas Occurentes Foundation, sebuah organisasi internasional yang melakukan inisiatif-inisiatif di bidang teknologi, artistik dan atletik untuk orang-orang muda di seluruh dunia.

2. Pendidikan itu Mendengarkan.

Paus Fransiskus pada kesempatan tersebut berbicara tentang kekuatan pendidikan.

“Pendidikan itu mendengarkan, jika tidak mendengarkan, dia tidak mendidik. Pendidikan menciptakan budaya, jika tidak, dia tidak mendidik. Pendidikan mengajarkan kita untuk merayakan, jika tidak, dia tidak mendidik.”

“Seseorang dapat bertanya kepada saya: ‘Tapi, bukankah pendidikan itu bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu?’ Tidak. Itulah pengetahuan itu. Tetapi mendidik berarti mendengarkan, menciptakan budaya, merayakannya,” kata Paus Fransiskus.

“Oleh karena itu, dalam krisis baru yang dihadapi umat manusia saat ini, di mana budaya telah terbukti kehilangan vitalitasnya, saya ingin merayakan bahwa Scholas, sebagai komunitas yang mendidik, sebagai intuisi yang tumbuh, membuka pintu Universitas Akal (University of the Sense). Karena mendidik berarti mencari makna sesuatu. Ia mengajarkan untuk mencari makna dari segala sesuatu, ”tambah Paus.

3. Kebersyukuran, Kebermaknaan dan Keindahan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*