Dosen FK Maranatha Raih Penghargaan Pelopor Terapi Plasma untuk Pasien COVID-19

Sharing for Empowerment

Dikutip dari laman Universitas Maranatha, maranatha.edu, Theresia Monica mengatakan TPK merupakan vaksinasi pasif yang menjadi salah satu cara mengatasi wabah Covid-19 sebelum vaksin aktif ditemukan.

Theresia Monica mengatakan TPK adalah salah satu jalan untuk memberikan kekebalan langsung kepada pasien COVID-19 maupun sebagai proteksi bagi yang belum terinfeksi. “Dengan adanya TPK, diharapkan masyarakat Indonesia dapat memulai kehidupan dengan kenormalan yang baru sehingga memberikan efek positif bagi seluruh sendi kehidupan masyarakat di Indonesia,” kata Theresia.

TPK sesungguhnya bukan hal baru. Ia sudah lama diterapkan dalam mengatasi virus yang menyebabkan penyakit pernapasan akut, seperti SARS, MERS, hingga Ebola. Sesuai dengan namanya, terapi ini melibatkan pemberian plasma darah yang diperoleh dari pasien COVID-19 yang telah dinyatakan positif sembuh kepada pasien yang masih dalam perawatan.

Plasma yang mengandung antibodi pasien sembuh itu diinjeksi kepada pasien COVID-19 dengan harapan agar antibodi dapat menangkal virus ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*