Peran Besar Tempe di Tengah Pandemi, Begini Kata Dosen Unika Atma Jaya

Ilustrasi: Peran besar tempe di tengah pandemi Covid-19. (Ist.)
Ilustrasi: Peran besar tempe di tengah pandemi Covid-19. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi ini mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan. Dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini, kita wajib mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Mengonsumsi makanan menjadi salah satu protokol kesehatan tersebut. Nah, salah satunya adalah tempe. Apa peran tempe di masa pandemi ini?

BACA JUGA:

Bakteri baik dan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam makanan yang kita konsumsi ada bakteri, entah yang masih hidup atau sudah mati, yang memberikan semacam “pelatihan” bagi sistem kekebalan tubuh.

Tempe merupakan hasil fermentasi kedelai dan telah menjadi hidangan khas Indonesia yang kaya manfaat. Kualitas tempe memang dipengaruhi mikroorganisme yang ada di dalamnya.

Dalam seminar online bertajuk “Peran tempe di Masa New Normal”, Profesor Antonius Suwanto menyebutkan bahwa selain harganya yang terjangkau, nilai lebih tempe adalah sifatnya sebagai fermentasi kedelai yang dapat dikonsumsi tidak terbatas dibandingkan hasil fermentasi lain seperti, miso, soy sauce, atau kecap asin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*