Unika Atma Jaya Luncurkan AtmaBot Untuk Melayani Pasien Covid-19

Sharing for Empowerment

Ia juga menjelaskan beberapa fungsi dari AtmaBot adalah membantu kunjungan atau kontrol dokter kepada pasien, pemberian obat serta makanan kepada pasien. Uniknya, robot ini juga bisa sebagai perantara komunikasi antara pasien dan dokter melalui video conference.

“Adapun fungsi dari AtmaBot antara lain seperti kunjungan dokter, pemberian obat, dan juga makanan untuk pasien sehingga diharapkan juga dapat meminimalisir penggunaan APD mengingat ketersediaan APD yang juga terbatas. Robot dikendalikan dari jarak jauh oleh operator/dokter dari luar ruang isolasi untuk dapat masuk ke kamar pasien, dan robot juga sebagai perantara komunikasi antara pasien dengan dokter via video conference,” jelasnya.

Proses perancangan dan pengerjaan AtmaBot ini membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Adapun kendala yang dihadapi karena kebijakan PSBB sehingga pengiriman bahan baku atau komponen sedikit terhambat.

Pengujian AtmaBot juga dilakukan dengan standar pengoperasian secara fungsi dan keamanan dengan target pengoperasian standar untuk dikendalikan dari jarak jauh secara wireless. Meski projek ini belum dipatenkan atau terdaftar HKI, namun setelah pengembangan pertama ini selesai dan dapat dioperasikan akan dilanjutkan untuk proses pengajuanpaten.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*