8 September, Hari Aksara Internasional 2020, Literasi di Tengah Pandemi

Ilustrasi: Hari Aksara Internasional 2020. (Dok. UNESCO)
Ilustrasi: Hari Aksara Internasional 2020. (Dok. UNESCO)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sejak 1967, perayaan International Literacy Day atau Hari Aksara Internasional telah digelar setiap tahun di seluruh dunia pada 8 September. Penetapan Hari Aksara Internasional ini untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya melek huruf sebagai bagian dari martabat dan hak asasi manusia.

Selain itu, Hari Aksara Internasional juga dimaksudkan untuk memajukan agenda keaksaraan menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan. Meskipun ada kemajuan, menurut data UNESCO, saat ini tercatat ada 773 juta orang dewasa di seluruh dunia yang kekurangan keterampilan keaksaraan dasar.

BACA JUGA:

Hari Aksara Internasional 2020 akan fokus pada “Literacy Teaching and Learning in The Covid-19 Crisis and Beyond with a Particular Focus on The Role of Educators and Changing Pedagogies”. Tema ini menyoroti pembelajaran keaksaraan dalam perspektif pembelajaran seumur hidup, terutama di kalangan remaja dan orang dewasa.

Krisis Covid-19 ini juga menjadi pengingat bahwa masih ada kesenjangan yang nyata antara kebijakan dan kenyataan. Pandemi global ini telah memukul sektor pendidikan, yang dengan jelas memperlihatkan tingkat melek huruf yang kian rendah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*