Program MIT di SGU Siapkan Lulusan “Baret Merah” dengan Tacit Knowledge

Sharing for Empowerment

Dimensi kognitif (cognitive dimension) tacit knowledge ini sendiri berupa pengetahuan yang lebih dalam, seperti keyakinan, prinsip, nilai-nilai, schemata dan mental model.

Memang, secara tidak sadar dimensi ini sebenarnya sudah terdapat di dalam diri masing-masing pribadi mahasiswa. Tiap mahasiswa memiliki prinsip-prinsip hidup dan nilai-nilai yang ditanamkan sejak kecil di lingkungan keluarga dan lingkungan sosial serta memiliki mental model yang berbeda-beda yang biasanya akan mempengaruhinya dalam memahami sesuatu.

Ketika suatu knowledge sulit untuk diartikulasi, cognitive dimension of tacit knowledge ini membentuk cara seseorang dalam memahami sesuatu.

Pada dasarnya, tacit knowledge ini berkembang melalui pengalaman pribadi sehingga kontennya pun tercipta secara dinamis, meski senyatanya tidak dapat direplikasi secara identik.

Oleh sebab itu secara teknis, pengalaman konkret itu hanya bisa dibagikan melalui sesi sharing, meeting, diskusi, tanya jawab dan interaksi langsung karena pengetahuan ini adalah knowledge yang mengetahui bagaimana caranya sesuatu proses terjadi. mengedepankan pendekatan tacit knowledge yang demikian ini untuk mencetak lulusan dengan integritas, leadership yang kuat dan kompetensi yang mumpuni.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*