Guru Disabilitas Daksa Inspiratif di Bandung, Menyerah Bukanlah Pilihan

Dadan Mochammad Ramda, guru bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20, Jln. Cente, Bandung
Dadan Mochammad Ramda, guru bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20, Jln. Cente, Bandung (KalderaNews/Disdik Jabar)

BANDUNG, KalderaNews.com – Guru disabilitas daksa dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20, Jln. Cente, Bandung ini patut dicontoh. Dadan Mochammad Ramdan, begitu nama lengkapnya. Di tengah keterbatasan, Dadan, begitu sapaan akrabnya, tetap berprestasi dan bukannya menyerah.

Sejak taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas, ia bersekolah di sekolah umum (bukan sekolah khusus) dengan meraih berbagai prestasi. Salah satunya, peringkat tiga besar selalu berhasil ia raih. Sempat jeda satu tahun usai lulus SMA, Dadan berusaha melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tepatnya ke Universitas Islam Nusantara (Uninus) untuk jurusan pendidikan bahasa Indonesia.

BACA JUGA:

Diakuinya, awalnya pihak keluarga tak mengizinkannya kuliah, namun ia tetap bersikeras dan berhasil meluluhkan orang tuanya. Di kampu ia merasa nyaman karena tak sedikit dosen yang mendukung perjuangannya.

Teristimewa, ia sangat terkesan dengan dosen mata kuliah morfologi dan dosen pembimbing yang selalu memupuk kepercayaan dan memberikan support yang luar biasa pada dirinya.

Dikutip dari situs resmi Disdik Jawa Barat, usai kuliah ia mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pada rentang tiga tahun, sebelum tes CPNS digelar serentak, ia telah lima kali mendaftar CPNS dan lima kali pula gagal. Namun, ia pantang menyerah. Baru pada tes keenam, ia berhasil lulus sebagai PNS.

Ia menjadi guru. Menurutnya, peran guru bukan hanya sebagai sosok pemberi tugas, tapi bisa menjadi teman bagi anak didiknya.

“Guru itu bukan hanya dikenang, tapi harus bisa mengenang karena guru adalah sosok panutan dan teladan,” tandasnya.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*