Keren, Mahasiswi UKDW Jawara AWS DeepRacer Women’s League Indonesia

Nathania Saphira, mahasiswi Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil memenangkan AWS DeepRacer Women’s League Indonesia. (Dok. UKDW)
Nathania Saphira, mahasiswi Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil memenangkan AWS DeepRacer Women’s League Indonesia. (Dok. UKDW)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Nathania Saphira, mahasiswi Program Studi (Prodi) Informatika Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil memenangkan AWS DeepRacer Women’s League Indonesia. Nathania pun akan bersaing di tingkat Asia Tenggara dengan para pemenang dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina pada September nanti.

BACA JUGA:

AWS DeepRacer Women’s League merupakan ajang bagi para mahasiswi untuk menerapkan prinsip machine learning pada simulator mobil 3D berbasis cloud milik AWS yang disebut AWS DeepRacer. Kompetisi ini mengadu kemampuan mahasiswa dalam membuat model matematika guna memandu objek berupa mobil virtual dengan menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendapatkan waktu tercepat dalam mengitari satu putaran atau lap dalam sirkuit virtual.

Nah, Nathania berhasil meraih waktu tercepat 0:11:416 dan berhak mewakili Indonesia ke babak grand final tingkat Asia Tenggara. Selain Nathania, di babak grand final tingkat Asia Tenggara nanti, Indonesia juga akan diwakili Mahanti Indah Rahajeng, mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang di kejuaran AWS DeepRacer tingkat nasional menduduki peringkat kedua.

Ajang ini digelar oleh Amazon Web Services Inc. (AWS) di kawasan Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Dalam kondisi normal, ajang ini biasa diadakan secara offline, tetapi karena ada pandemi Covid-19, maka utahun ini acara ini digelar secara online. Acara ini juga diselenggarakan sebagai bagian dari acara yang lebih besar, yaitu Build On, ASEAN 2020.

Thailand merupakan negara pembuka kejuaraan virtual AWS DeepRacer Women’s League yang digelar 1 Agustus 2020. Seminggu kemudian balap virtual ini digelar di Malaysia pada 8 Agustus 2020, dan di Indonesia pada 15 Agustus 2020. Selanjutnya, balap virtual digelar di Filipina pada 22 Agustus 2020 dan di Singapura pada 29 Agustus 2020. Sementara itu penyelenggaraan babak grand final akan diadakan September 2020.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*