Inilah 10 Ragam dan Motif Batik Nusantara Terpopuler dengan Ciri Khas dan Filosofinya

Anak SMA dengan pakaian batik (KalderaNews/Ist)
Anak SMA dengan pakaian batik (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – 2 Oktober di tiap tahunnya adalah hari istimewa bagi Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia akan mengenakan batik karena tanggal ini adalah Hari Batik Nasional. Beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN dan pegawai swasta hingga pelajar pun bangga mengenakan batik.

Batik telah dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Sejak pengukuhan UNESCO itu, batik menjadi Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

Pada dasarnya batik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi banyak jenisnya yang biasanya dibedakan berdasarkan daerah. Pada zaman dahulu, batik kerap digunakan sebagai penanda status sosial tatanan masyarakat, tetapi saat ini telah beralih fungsi sebagai pakaian nasional yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*