Gokil, Hasil Riset Siswi Madrasah Terbit di Jurnal Internasional

Sharing for Empowerment

Menurut Nisrina, penelitian mereka kemudian diajukan dalam ajang Madrasah Young Research SuperCamp (MYRES) 2018 yang digelar Kementerian Agama. “Saat itu, riset kami masuk 15 besar terbaik bidang sosial humaniora se-Indonesia dan berhak mengikuti bimbingan lebih intensif di Serpong, Tangerang oleh para mentor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),” katanya.

Dari 15 proposal terpilih bidang Soshum tersebut, kata Damoiko, dilakukan seleksi lagi untuk mendapatkan enam proposal terbaik. “Pada ajang tersebut, kami hanya mampu meraih predikat Harapan 1, tetapi penelitian kami memikat hati para peneliti LIPI,” ujarnya.

Pada simposium internasional tahunan di Bogor tahun 2019 yang dihadiri para pakar, peneliti luar dan dalam negeri, Nisrina dan Damoiko diundang. Mereka kembali mempresentasikan hasil risetnya. Saat itu, mereka dimentori tiga peneliti LIPI, yaitu Aliyansah Abdurrahim, MDH Rahiem, dan Munash Ramli. Nisrina dan Damoiko pun sukses mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Penelitian mereka lalu diajukan untuk masuk dalam jurnal internasional ter-indeks Scopus. Oktober 2020, Nisrina dan Daoiko mendapat informasi bahwa karya mereka berdua dinilai layak dan telah terbit di jurnal internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*