UMG Gelar Workshop Dorong Dosen untuk Cepat Lakukan Publikasi Jurnal Ilmiah Dari Scopus

Dalam 2 Tahun 7.000 Jurnal Harus Terakreditasi Nasional
Jurnal ilmiah di perpustakaan (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

GRESIK, KalderaNews.com – Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) gelar workshop untuk mendorong dosen melakukan publikasi jurnal ilmiah di skala internasional atau terindeks Scopus.

Workshop ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan publikasi dosen di lingkungan, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM).

BACA JUGA:

Strategi dosen cepat publikasi di jurnal internasional

Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., sebagai pemateri merupakan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan juga Guru Besar Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Sebagai narasumber, ia membawakan materi terkait dengan strategi penulisan artikel dengan mencari referensi dari Scopus.

Pada worskhop ini, Prof. Nurmandi didampingi dengan Dr. Salahudin, S.IP, M.Si., M.P.A., memberikan pelatihan penggunaan VOSViewer dan NVivo.

Kedua alat ini penting untuk membuat analisis referensi yang didapat dari Scopus sehingga dosen dapat membuat artikel yang berupa Systematic Literature Review (SLR).

SLR ini bisa dikaitkan dengan bidang keilmuan masing-masing.  Menurutnya, membuat artikel dengan berupa review literature yang telah ada menjadi salah satu strategi cepat untuk meningkatkan publikasi dosen.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*