Inilah Sejarah dan Foto Asli Sie Kong Lian, Pemilik Gedung Kramat 106

Sharing for Empowerment

“Menurut catatan yang coba kami (keluarga) cari, awalnya dijadikan rumah kost. Beberapa dokter muda yang kuliah di Stovia menetap di sana, diantaranya Muhammad Yamin, Amir Syarifuddin, Suryadi, dan beberapa tokoh pergerakan lainnya,” tuturnya saat memberikan klarifikasi mengenai buyutnya.

Menjadi tempat kost mahasiswa kedokteran membuat Sie Kong Lian terinspirasi dan berharap keturunannya ada yang menjadi dokter. Lalu, pada tahun 1927 gedung Kramat tersebut menjadi tempat organisasi pemuda untuk kegiatan pergerakan, bahkan Bung Karno pun beberapa kali berkunjung ke gedung tersebut.

Selain itu, tempat ini juga sempat menjadi toko bunga, hotel, tempat tinggal, indische club pada 1927-1934. Kemudian, pada tahun 1928 bangunan tersebut menjadi tempat Kongres Pemuda yang disebut sebagai Museum Sumpah Pemuda. Pada akhirnya, tahun 1973 diambil alih oleh pemerintah menjadi Gedung Sumpah Pemuda.

Silsilah Keluarga Sie Hok Liang, disampaikan oleh Dr. Christian Silman sebagai cicit generasi keempat Sie Kong Lian (KalderaNews.com/ Syasa Halima)

Sebagai garis keturunan Sie Kong Lian, Dr.Chris menyampaikan dua pesan dari kakek dan dari sang ayah kepada ahli waris. Sie Kong Lian berpesan kepada anak-anaknya, salah satunya Sie Hok Liang, untuk tidak menjual rumah Museum Sumpah Pemuda karena banyak meninggalkan kenangan tersendiri bagi beliau.




1 Comment

  1. ” … Sebenarnya sejak sekitar 2 tahun yang lalu, setiap kali ada peringatan sumpah pemuda 28 Oktober …” – artinya, baru thn 2018, ada pelurusan sejarah. mungkin sebelumnya, sejarah mgn semangat nasionalisme Sie Kong Lian masih kabur. saya ingat dulu wkt masih SMA (thn 1988), ada tiga mata-pelajaran berbeda tapi isi/materinya hampir sama, yakni PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa), PMP (Pendidikan Moral Pancasila), Sejarah Nasional. dari ketiga pelajaran, tidak ada sedikitpun terbersit, ada tokoh-tokoh Tionghoa yang ikut andil membangun Bangsa dan Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*