5 Rutinitas Agar Kualitas Pribadi Guru Jadi Lebih Baik Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi rutinitas malam usai mengajar (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi rutinitas malam usai mengajar (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi Covid-19 membuat para guru harus mengajar daring dari rumah. Terkadang, bekerja dari rumah lebih melelahkan daripada di kantor. Seringkali tidak ada batasan untuk diri sendiri dan pekerjaan ketika mengajar dari rumah. Orang-orang menyangka bahwa guru siap 24 jam/7 di masa pandemi ini, padahal ia juga manusia biasa.

Supaya tidak tergopoh-gopoh, cobalah terapkan 5 rutinitas sederhana ini secara teratur. Rutinitas tersebut membantu guru untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dengan demikian guru lebih menikmati pekerjaannya.

Bersihkan Ruang Kerja

Jika guru mengajar dari rumah, luangkan waktu malam sebelumnya untuk merapikan ruang kerja. Tempelkan Post It untuk aktivitas di hari berikutnya. Selagi bersih-bersih, putar musik favorit Anda dan ikut bernyanyi. Ini mungkin terdengar konyol, tetapi bagian dari rutinitas malam adalah melepaskan stres dan ketegangan dari hari itu. Jangan khawatir, tidak ada murid yang menonton.

BACA JUGA:

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri


Banyak yang harus diselesaikan setelah sekolah usai. Jika memiliki anak, Anda membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, dan mengambil mainan. Meskipun begitu, jangan lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Anda bisa melakukan hobi seperti membaca. Bacalah beberapa halaman dari buku Anda sukai. Cara lain yaitu buatlah jurnal selama beberapa menit atau gambar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*