KKN Universitas Dr. Soetomo Berikan Edukasi Pemanfaatan Air Hujan

Sharing for Empowerment

“Ini berkat sinergi antara LPPM, PSBL, BPBD, dan Perangkat Kecamatan serta Desa Padusan dalam melaksanakan program-program yang telah disusun oleh tim dan peserta KKN,” tutur Doktor Bidang Ketahanan Pangan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan KKN berlangsung selama sebulan penuh, sehingga mahasiswa belajar dari awal persiapan program hingga penutupan.
Mahasiswa yang KKN ini juga dibina untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka.

“Jadi, praktis mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN Tematik Bencana ini selama satu bulan penuh, mulai dari persiapan pemetaan persoalan, penyusunan dan implementasi program, hingga evaluasi”,  jelasnya.

Sementara itu, Hendro Wardhono selaku Ketua PSBL sekaligus Direktur Pusat Penelitian dan Pelatihan Indonesia Tangguh (Pusppita) mengatakan bahwa program ini dapat membangkitkan sosio ekonomi suatu desa. Lalu, masyarakat juga teredukasi untuk memanfaatkan air hujan sebagai media penyimpanan.

“Menjadikan masyarakat tangguh bencana hingga menggeliatkan sosio ekonomi desa wisata merupakan program yang langsung bisa diraskan masyarakat. Terlebih kita juga memberikan edukasi tentang memanfaatkan air hujan menggunakan alat panen air hujan, yang kita tau saat ini sedang musim penghujan”, imbuhnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*