Badan Bahasa: “Pandemi” Menjadi Kata Paling Populer Selama 2020

Ilustrasi: Pandemi ditetapkan sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2020. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Ilustrasi: Pandemi ditetapkan sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2020. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – “Pandemi” menjadi Kata Tahun Ini (KTI) 2020 versi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penetapan kata tersebut dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan, yakni daftar kata terpopuler menurut KBBI, kemunculan di Google Trends, penanda berbagai peristiwa, penggunaan kata dalam berbagai kalangan, dan keluasan distribusi bidang.

BACA JUGA:

Kata “pandemi” menjadi kata yang tepat untuk dijadikan KTI 2020, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusi. Kata ini memiliki popularitas yang tinggi sepanjang 2020 dengan distribusi penggunaan di berbagai daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas.

“Kata yang dipilih sebagai KTI pada tahun 2020 adalah kata ‘pandemi’ yang bermakna wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas dengan kelas kata nomina. Kita juga telah mempertimbangkan dengan beberapa kriteria yang ada,” kata Kepala Badan Bahasa, Endang Aminudin Aziz.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*