Ternyata, Begini Kisah Penemuan Black Box oleh David Warren

Sharing for Empowerment

David sempat dihadiahi seperangkat radio kristal oleh ayahnya. Hadiah tersebut menjadi awal kecintaannya pada dunia sains.

Dan cintanya pun terwujud. David bekerja sebagai peneliti di Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Melbourne pada 1954. Ia terlibat dalam penyelidikan kecelakaan pesawat komersial bertenaga jet pertama di dunia, Comet. Pesawat Comet diluncurkan pada 1952.

Tiga pesawat Comet hilang sesaat setelah lepas landas dan menewaskan semua penumpang. David berpikir, jika peneliti mengetahui apa yang terjadi pada menit-menit sebelum pesawat jatuh, maka dapat membantu mencegah kecelakaan yang sama di kemudian hari.

Dari situ muncul ide merancang black box. Ide itu kian menguat ketika ia terpesona dengan miniatur perekam pertama di dunia yang dapat ditaruh di kantong. Ia mengatakan ide itu kepada rekannya, tetapi diabaikan.

David Warren tak patah arang. Ia menyampaikan ide membuat alat perekam penerbangan kepada atasannya. Lagi-lagi, sang atasan menolak ide itu.

Suatu ketika, atasannya diganti. Atasan baru itu memberi ijin resmi bagi David untuk membuat alat perekam penerbangan, dengan syarat David harus menulis laporan rutin tentang ide tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*