24 Januari 2021, Peringatan Hari Pendidikan Internasional Ketiga

Ilustrasi: Peringatan Hari Pendidikan Internasional 2021. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Peringatan Hari Pendidikan Internasional 2021. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada Desember 2018, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Pendidikan Internasional diperingati setiap 24 Januari. Tahun ini, The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) mengangkat tema “Recover and Revitalize Education for the Covid-19 Generation”.

BACA JUGA:

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan gangguan pembelajaran global dengan skala dan tingkat keparahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penutupan sekolah, universitas, dan lembaga pembelajaran lain, serta terhentinya banyak program literasi dan pembelajaran telah memengaruhi kehidupan sekira 1,6 miliar siswa di lebih dari 190 negara.

Data lain menunjukkan bahwa sekitar 258 juta anak dan remaja masih belum bersekolah, 617 juta anak dan remaja tidak bisa membaca dan mengerjakan matematika dasar. Sementara, sekitar 40% anak perempuan di sub-Sahara Afrika hanya menyelesaikan sekolah menengah pertama dan empat juta anak-anak dan pengungsi pemuda putus sekolah.

Peringatan Hari Pendidikan Internasional 2021 ini bertujuan untuk:

  • Melihat kembali komitmen dan tindakan yang diambil untuk melindungi pendidikan melalui pemulihan, meningkatkan inklusi, dan menekan angka putus sekolah.
  • Merayakan inisiatif-inisiatif pemerintah, pendidik, dan organisasi pendidikan dalam masyarakat yang menunjukkan komitmen pada pendidikan dengan prinsip-prinsip kesetaraan.
  • Melihat kembali kebijakan keuangan yang adil bagi pendidikan yang efektif dan efisien, terutama bagi mereka yang miskin dan terpinggirkan.
  • Memberikan ruang bagi siswa dan pendidik untuk mengungkapkan keprihatinan dan aspirasi dalam menghadapi masa depan yang ditandai dengan resesi ekonomi dan perubahan iklim.

Peringatan Hari Pendidikan Internasional akan digelar oleh UNESCO secara virtual pada Senin, 25 Januari 2021.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*