Begini Langkah Agar Sepeda Motor Tetap Tangguh Melintasi Genangan Banjir

Ilustrasi: Begini langkah-langkah agar sepeda motor tetap tangguh melintasi genangan banjir. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Begini langkah-langkah agar sepeda motor tetap tangguh melintasi genangan banjir. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banjir yang mulai datang. Banjir tentu menjadi momok bagi pengendara sepeda motor, lantaran sepeda motor tidak fit untuk menerjang genangan air.

Nah, bagi kamu pengendara sepeda motor, berikut beberapa langkah sederhana agar sepeda motor tetap tangguh melintasi genangan banjir:

BACA JUGA:

Desain sepeda motor dirancang berbagai situasi

Desain sepeda motor umumnya telah dirancang untuk menghadapi beragam situasi. Misal tameng air yang ada pada sepeda motor bebek yang berfungsi mengarahkan udara ke mesin untuk pendinginan dan memecah air yang menggenang. Jika bagian ini dilepas, maka mesin akan langsung menabrak air. Maka, sebaiknya tameng di sepeda motor ini jangan dilepas, lantaran berfungsi untuk memecah air.

Pastikan ketinggian air tidak sampai ke lubang penyedot udara

Setiap sepeda ada komponen penyedot udara. Komponen ini akan terus menyedot udara saat mesin menyala. Untuk sepeda motor skutik, biasanya filter udara diletakkan agak tinggi dan pabrik menjamin air tidak mudah masuk melalui komponen ini. Namun, jika kamu harus menerjang banjir dan ternyata air masuk, maka segera buang air dengan membuka lubang pembuangan yang terletak di bagian bawah boks filter udara dan boks CVT.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*