Kabar Gembira, IPB Berikan 7 Skema Keringanan UKT




Institut Pertanian Bogor (KalderaNews.com/Ist)
Institut Pertanian Bogor (KalderaNews.com/Ist)

BOGOR, KalderaNews.com – Kabar gembira untuk mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), pihak kampus akan memberikan kemudahan dalam bentuk biaya pendidikan.

Hal itu disampaikan Rektor IPB, Arif Satria melalui Surat Edaran Kebijakan Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Semester Genap 2020/2021.

BACA JUGA:

Dalam edaran tersebut, terdapat 7 skema keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberikan pada mahasiswa, dengan rincian sebagai berikut:

1. IPB memfasilitasi pembelajaran mandiri bagi setiap mahasiswa multistrata senilai Rp750 ribu bagi seluruh mahasiswa aktif (telah membayar UKT dan mengisi KRS-online).

Bantuan fasilitas untuk mendukung pembelajaran mandiri akan diberikan melalui transfer lansung ke rekening masing-masing mahasiswa.

2. Kedua, IPB memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang tidak mampu membayar UKT sekaligus untuk mengajukan pencicilan melalui Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIMAWA).

“Hal itu harus mengikuti ketentuan jumlah dan waktu pencicilan yang berlaku.” Ujar Arif dalam edarannya.

3. IPB memfasilitasi pengajuan bantuan UKT untuk 1,888 mahasiswa program Vokasi dan Sarjana yang terdampak pandemi covid-19. Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp53,69 juta untuk 59 mahasiswa dan Rp1,5 juta untuk 943 mahasiswa dengan total bantuan lebih dari Rp1,4 miliar.

Diungkapkan lebih lanjut, “Bagi mahasiswa pelamar baru, bantuan UKT Kemendikbud senilai Rp1,77 miliar untuk 886 mahasiswa.”

4. IPB berkomitmen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan penurunan golongan UKT bagi mahasiswa yang keluarga/walinya mengalami penurunan pendapatan permanen.

Dijelaskan Arif, bantuan ini dapat diajukan jika orang tua atau wali mahasiswa kehilangan pekerjaan/PHK, kepala keluarga/pencari nafkah meninggal dunia, mengalami musibah atau bencana, dan sebab lainnya.

Saat mengajukan bantuan ini diharapkan mahasiswa dapat melampirkan bukti yang sah dan menunjukan penurunan pendapatan.

Bantuan Donatur dan Alumni

Selain bantuan di atas, IPB juga bekerja sama dengan donatur (baik pemerintah pusat dan daerah), alumni, yayasan, perusahaan swasta dan lainnya, memberikan beasiswa senilai Rp102,49 miliar untuk 9,972 mahasiswa.

8,441 mahasiswa di antara mendapat manfaat pembayaran komponen UKT dan akan terus berupaya meningkatkan jumlah bantuan dengan memperluas kerja sama dengan donatur lainnya.

Ke-6, pihak kampus akan memberikan keringanan UKT sebesar 50 persen bagi mahasiswa semester lebih dari 7 di sekolah vokasi, di atas semester 9 program Sarjana.

Kemudian mahasiswa di atas semester 5 program magister (kecuali mahasiswa Sekolah Bisnis/SB) dan di atas semester 7 program doktor (Kecuali mahasiswa SB).

Terakhir, bagi mahasiswa yang karena alasan tertentu harus cuti, IPB
memberikan kesempatan cuti bebas biaya dengan syarat menangguhkan sementara perkuliahan maksimum dua semester.

Mahasiswa bersangkutan juga diwajibkan melakukan pembaharuan pengajuan tiap semester.

Diharapkan skema bantuan ini dapat meringankan sedikit beban para mahasiswa dan semakin semangat berkuliah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*