5 Superfood yang Membantu Otak Lebih Konsentrasi Belajar




superfood, makanan untuk otak, makanan sehat, diet sehat
Makanan sehat dapat membantu kinerja otak tetap baik. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – We are what we eat. Demikian kata pepatah yang telah banyak beredar. Jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari pasti membawa pengaruh kesehatan terhadap tubuh kita, termasuk otak. Ahli gizi mengklaim bahwa pola diet sehat dapat meningkatkan kinerja otak.

Kerusakan sel otak bersifat permanen. Tidak dapat diperbaiki seperti jaringan lain, misalnya kulit. Bertambahnya umur menuntut kesehatan otak yang harus terus terjaga. Pastikan 5 superfood ini ada dalam pola diet sehari-harimu.

BACA JUGA:

Kacang kenari

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan lemak sehat yang utama. Kacang kenari khususnya meningkatkan daya ingat. Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 atau asam alfa-linoleat (ALA). Zat in membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi arteri yang baik untuk jantung dan otak

Beri

Berbagai buah beri terbukti bagus untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang tinggi. tidak hanya itu, beri mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan daya ingat. Flavonoid adalah pigmen tumbuhan alami yang memberi warna cemerlang.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau merupakan bahan makanan yang paling mudah dicari dan dikonsumsi. Seluruh sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, seledri, sawi mengandung vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Zat-zat tersebut membantu memperlambat penurunan ingatan.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung lemak omega 3, yaitu lemak tak jenuh yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Bila tidak suka ikan, berita baiknya, lemak omega 3 sudah tersedia dalam bentuk suplemen kapsul lunak. Alternatif lain makanan yang mengandung zat yang sama adalah alpukat dan kacang walnut.

Teh dan Kopi

Kafein yang terkandung di dalam minuman sehari-hari ini dapat membantu meningkatkan ingatan dan konsentrasi jangka pendek. Dengan jumlah yang cukup kedua minuman masyarakat ini dapat membantu dan menemani belajar.

Tidak hanya 5 superfood di atas yang dapat membantu menjaga kinerja otak tetap baik. Terdapat beberapa vitamin yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak, misalnya vitamin B dan asam folat. Mulai perhatikan menu makan sehari-hari, yuk, demi otak sehat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*