Kopi Minuman Baik untuk Otak, Fakta atau Mitos?




kopi, minuman sehat, kopi nusantara, coffee
Fakta atau mitos kopi minuman baik unutk otak. (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kopi merupakan minuman rakyat yang dapat dinikmati di segala suasana. Disajikan dingin atau panas, kopi tetap menarik. Bahkan istilah ngopi telah begitu melekat pada berbagai lapisan masyarakat. Istilah ini menggantikan kata yang bermakna nongkrong bareng, meet up atau hang out.

Kopi yang berkembang menjadi minuman olahan tentu saja menjadi komoditas bisnis baru yang cukup menjanjikan. Terhitung kurang dari satu dekade belakangan ini, kedai kopi menjamur di berbagai kota. Sebagai negara penghasil kopi ke empat di dunia, hal ini cukup signifikan.

BACA JUGA:

Akan tetapi, berdasarkan fakta yang beredar di masyarakat, benarkah kopi adalah minuman yang baik untuk otak? Inilah faktanya.

Meningkatkan Energi dan Kecerdasan Otak

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat peminumnya kehilangan rasa lelah dan seolah memberikan energy kembali. Kandungan kafein ini merupakan zat psikoaktif. Kafein dalam kopi yang diminum akan menstimulasi aliran darah dan kemudian meningkatkan alran darah ke otak.

Mengandung Antioksidan Tinggi

Kopi sebagai sumber anti oksidan ternyata bersifat neuroprotektif. Yang artinya kopi memiliki manfaat sebagai pelindung sel-sel otak yang alami. Meminum satu porsi kopi setiap hari terbukti dapat melindungi otak dari berbagai macam kerusakan.

Mengurangi Lelah

Kopi dapat mengurangi rasa lelah. Dengan berkurangnya rasa lelah, maka konsentrasi belajar atau bekerja akan kembali seperti semula. Manfaat kopi ini yang kerap dimanfaatkan di pagi hari, untuk meningkatkan konsentrasi menjelang bekerja atau belajar.

Melindungi dari Alzheimer dan Kepikunan

Alzheimer kerap menyerang ketika usia telah mencapai 65 tahun. Penyakit yang belum ditemukan obatnya ini merupakan penyebab utama kepikunan. Salah satu cara yang terbukti mencegah Alzheimer adalah memiliki gaya hidup sehat dan meminum kopi.

Itulah empat manfaat kopi untuk otak di antara manfaat kopi untuk kesehatan yang lain. Meskipun memiliki banyak manfaat, meminum kopi setiap hari tetap harus diperhatkan jumlahnya. Yuk, ngopi!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*