5 Tips Maksimalkan Google Meet, Bikin Kelas Online Lebih Seru

Sharing for Empowerment

4 Fitur Polling

Ketika melakukan diskusi kelas dan membutuhkan pemilihan suara untuk mengambil keputusan, gunakan fitur polling. Untuk menggunakannya, pertama klik ikon ‘activities’ di pojok kanan atas layar > pilih polls > start a poll > isi kolom kosong dengan pertanyaan dan pilihan jawabannya > klik launch.

Setelah moderator menekan tombol ‘launch’ peserta Google Meet lainnya dapat memberikan suara dengan cara klik activities > beri suara. Saat semuanya telah melakukan polling, hasilnya akan dikirimkan pada moderator melalui email.

5. Membuat Grup Kecil

Dalam kelas saat belajar di sekolah guru biasanya akan membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk diskusi. Melalui Google Meet, hal itu dapat dilakukan dengan fitur ‘breakout rooms‘.

Caranya, moderator dapat memilih opsi activities > breakout rooms > set up breakout rooms > pilih jumlah grup kecil yang akan dibuat dan waktunya > atur peserta dalam setiap grup kecil lalu klik save.

Saat waktu yang ditentukan selesai, maka grup kecil akan berakhir dan semua peserta meeting kembali ke ruangan utama. Fitur ini sangat menyenangkan dan memudahkan diskusi kelompok lebih fokus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*