Mengenal Lebih Dalam Earth Hour, Inilah Tujuannya

Ilustrasi: Earth Hour. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Earth Hour. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jam bumi atau Earth Hour merupakan kegiatan bersama sedunia yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Tahun ini Earth Hour jatuh pada tanggal 27.

Earth Hour dilakukan secara sederhana yakni dengan memadamkan lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam saja.

BACA JUGA:

Kegiatan ini digagas untuk meningkatkan kesadaran masyrakat terhada perlunya tindakan serius dalam menghadapi perubahan iklim, dicetuskan pertama kali oleh Leo Burnett pada tahun 2007. Meskipun idenya telah mulai ada sejak tahun 2004 melalui bukti ilmiah yang diperoleh WWF. Awalnya kegiatan ini diberi nama The Big Flick, dilaksanakan pada tanggal 32 Maret 2007 di Sydney pada pukul 19.30 waktu setempat.

Kegiatan ini terus berkembang. Pada tahun 2008 Earth Hour telah diikuti oleh 35 negara pada kota utamanya. Earth Hour tahun 2008 mencatat telah diikuti oleh lima benua. Landmark terkenal yang merupakan icon sebuah kita juga dipadamkan lampunya sebagai tanda partisipasi terhadap kegiatan ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*