Mengenal Semana Santa, Tradisi Jelang Paskah di Larantuka

Prosesi upacara Semana Santa, Larantuka
Prosesi upacara Semana Santa, Larantuka (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

LARANTUKA, KalderaNews.com – Larantuka, kota kecil di timur Pulau Flores yang tenang. Setiap tahun, Larantuka dibanjiri ribuan umat Katolik yang melakoni prosesi Semana Santa yang sudah berlangsung lima abad lamanya.

Tradisi ini bahkan telah menarik ribuan wisatawan dari berbagai daerah di seluruh Nusantara dan mancanegara dan menjadi daya tarik wisata rohani di Larantuka.

BACA JUGA:

Sejarah Semana Santa

Prosesi Semana Santa hanya dilangsungkan di Larantuka, tepatnya di kaki Gunung Ile Mandiri, Reinha Rosari Larantuka. Ada beberapa versi awal mulanya prosesi ini dilangsungkan.

Tradisi ini dimulai sejak penemuan Patung Tuan Ma di pantai Larantuka sekitar tahun 1510. Menurut cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, patung tersebut terdampar di pantai akibat karamnya kapal Portugis di perairan Larantuka. Atas perintah kepala kampung Lewonama, patung Tuan Ma yang terdampar itu disimpan di rumah pemujaan (korke).

Warga setempat yang kala itu belum mengenal sosok patung tersebut menghomatinya sebagai benda sakral. Karena itu, tidak heran jika masyarakat Larantuka kerap memberikan sesaji di hadapan patung itu ketika merayakan suatu upacara khusus.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*