Mengenal Usmar Ismail, Tokoh Perfilman Indonesia yang Dijadikan Tema Hari Film Nasional 2021

Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional. Tahun ini tema peringatan Hari Film Nasional ke-71 adalah 100 Tahun Usmar Ismail. Meskipun masih dalam suasana pandemi, peringatan Hari Film Nasional tetap dilakukan secara daring, luring, dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Perayaan Hari Film Nasional 2021 rencananya akan diselenggarakan di  beberapa kota seperti Jakarta, Bukittinggi, Makasar, Aceh, Tapanuli, Bengkulu, dan kota lain.

BACA JUGA:

Peringatan Hari Film Nasional tahun ini menggunakan tagar #100tahunUsmarIsmail. Usmar Ismail mungkin tidak terlalu banyak dikenal namanya di masyarakat, kecuali oleh insan perfilman. Sebenarnya siapakah Usmar Ismail ini?

Usmar Ismail adalah seorang sutradara, produser film, penulis, sastrawan, wartawan berdarah Minangkabau yang lahir di Bukittinggi, 20 Maret 1921, dan meninggal di usia yang relatif muda yaitu 49 tahun karena stroke. Usmar Ismail ini dikenal sebagai pelopor drama modern di Indonesia dan mendapat gelar Bapak Film Indonesia. Usmar Ismail meninggal di Jakarta pada 2 Januari 1971.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*