20 Maret 2021, Seabad Usmar Ismail, Bapak Film Nasional

Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Maret ini menjadi istimewa bagi para insan perfilman di tanah air. Dua peristiwa penting di dunia film Indonesia terjadi di bulan Maret.

Yang pertama, tepat 20 Maret, merupakan hari kelahiran Usmar Ismail yang dijuluki Bapak Film Nasional. Dan tahun menjadi amat istimewa, lantaran bertepatan dengan 100 tahun atau seabad Usmar Ismail.

BACA JUGA:

Yang kedua, pada 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional. Penetapan tanggal ini lantaran 30 Maret menjadi tonggak sejarah film pertama produksi orang Indonesia berjudul Darah dan Doa, pada tahun 1950.

Perayaan Hari Film Nasional tahun ini dibungkus dalam tema Retropeksi 100 Tahun Usmar Ismail. “Hari Film Nasional tahun ini sangat spesial,” kata Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbud, Ahmad Mahendra dalam taklimat media yang digelar daring.

Rangkaian perayaan Hari Film Nasional berlangsung dari 20 Maret sampai 4 April 2021. Ada berbagai agenda yang digelar, mulai dari pameran, diskusi, dan nonton film-film karya Usmar Ismail.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*