Film Pendek Karya UMN Picture Mewakili Indonesia di Kaboom Animation Festival




Film pendek karya UMN Picture mewakili Indonesia di Kaboom Animation Festival 2021. (KalderaNews.com/Dok. UMN)
Film pendek karya UMN Picture mewakili Indonesia di Kaboom Animation Festival 2021. (KalderaNews.com/Dok. UMN)

TANGERANG, KalderaNews.com – Film pendek animasi 2 dimensi “Ahasveros” karya UMN Pictures berhasil terpilih sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia pada kategori ‘New Directions’ di Kaboom Animation Festival 2021. Sebelumnya, karya animasi 3D “Candy Monster” juga mengikuti Chaniartoon Festival 2020.

BACA JUGA:

“Ahasveros” berkisah tentang Chairil Anwar. “Ahasveros” disutradarai alumni Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Bobby Fernando, dan dibantu Yenna Mariana, Diva Stevania, Dwi Atmoko Adi, Dira Nararyya, Elvaretta Tirta, serta Jeremiah Harvest. Proses pembuatan film pendek animasi ini memakan waktu 6 bulan.

Untuk menghadirkan latar waktu sekitar pertengahan tahun 1940-an, Bobby dibantu dosen Sejarah Film UMN, Salima Hakim. Sehingga pakaian, latar kota dan bangunan, hingga cara berbicara membuat “Ahasveros” tak sekadar menjadi film animasi biasa, tetapi mengandung nilai sejarah.

Kaboom Animation Festival merupakan fesival film animasi hasil ‘merger’ KLIK Amsterdam Animation Festival dan The Holland Animation Film Festival (HAFF). KLIK dan HAFF adalah 2 festival film yang bergengsi di Belanda dan Eropa Barat yang fokus pada animation film.

“Ahasveros” masuk seleksi resmi untuk kategori New Directions, kategori untuk film animasi dari negara yang belum mempunyai tradisi animasi yang kuat, namun mempunyai bakat-bakat yang luar biasa. Dan, tim UMN Pictures menjadi satu-satunya animator Indonesia yang karyanya tembus seleksi Kaboom Animation Festival.

UMN Pictures saat ini juga sedang menggarap beberapa proyek desktop game yang akan hadir di platform game, seperti Steam dan mobile game.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*