Mengenal Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Tidak Terkenal Tetapi Menjanjikan

Sharing for Empowerment

Selain itu, kompetensi lulusannya juga menguasai tentang konsep perilaku masyarakat yang mirip dengan keilmuan sosiologi. Seorang lulusan jurusan pendidikan luar sekolah juga seorang yang paham tentang teori pendidikan terutama andragogi, pedagogi kritis dan sosial.

Mereka juga mampu untuk mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis, informasi, dan data. Bila kamu memilih jurusan ini untuk melanjutkan pendidikan tinggi, kamu juga akan dituntut kreatif dan inovatif dalam memberikan penyuluhan atau pelatihan kepada masyarakat.

Pekerjaan ini cukup menantang, karena bila biasanya jurusan pendidikan akan berurusan dengan raw-input yang seragam baik di kampus maupun sekolah, bila pendidikan di masyarakat, latar belakang orangnya akan sangat beragam.

Kompetensi lain yang harus dimiliki oleh lulusan pendidikan luar sekolah ini adalah mampu melakukan evaluasi terhadap program penyuluhan, pelatihan atau pendidikan yang telah diselenggarakan. Kompetensi ini sebenarnya merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pamong belajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*