Mengenal Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Tidak Terkenal Tetapi Menjanjikan

Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Lulusan jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan luar sekolah atau biasa disebut dengan PLS memang tidak banyak didengar orang. Tidak seperti PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kalau PGSD mempelajari bagaimana menjadi guru sekolah dasar, maka di PLS kamu akan belajar mengenai permasalahan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta pelatiha yang diselenggarakan di luar sekolah.

Lulusan jurusan PLS ini akan lebih banyak fokus pada kondisi masyarakat dan bagaimana mendongkrak potensinya. Meskipun nama program studinya adalah pendidikan, tetapi jurusan ini tidak lantas belajar tentang teknik mengajar saja.

BACA JUGA:

Pendidikan luar sekolah memang jurusan yang cukup unik. Keunikan jurusan ini salah satunya adalah mempunyai area peluang kerja yang sangat luas.

Para lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai penilik pendidikan masyarakat, fasilitator PAUD, tenaga pendidikan masyarakat, bahkan menyelenggarakan lembaga pendidikan untuk masyarakat.

Kompetensi yang dikuasai oleh para lulusan dari jurusan ini adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program penyuluhan, pelatihan serta pemberdayaan dan pendidikan nonformal dan informal di masyarakat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*