Hari Bumi Sedunia 22 April, Begini Sejarah dan Temanya Tahun Ini

Ilustrasi: Hari Bumi Sedunia atau Earth Day. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Bumi Sedunia atau Earth Day. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 22 April dunia akan memperingati Hari Bumi Sedunia. Hari Bumi Sedunia ini menjadi peringatan untuk kita semua agar makin peduli terhadap lingkungan sekitar. Peringatan hari bumi ini juga menjadi peringatan terhadap lahirnya Gerakan Lingkungan Modern pada 1970.

Pada 1970, warga Amerika menghirup gas beracun yang mengandung timah hasil pembakaran mobil jenis sedan V8. Kejadian ini terjadi dengan sangat besar sehingga menimbulkan protes dari warga. Perusahaan yang mengeluarkan mobil sedan V8 ini tidak mendapat sanksi dan konsekuensi hukum saat itu.  Pada masa itu polusi udara dimaknai sebagai ‘aroma kemakmuran’ karena menandakan menggeliatnya industri-industri di sana.

BACA JUGA:

Tidak hanya polusi dari V8, pada 1969 di Santa Barbara terjadi tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Hal ini membuat seorang Senator AS dari Wisconsin, Gaylord Nelson, berinisiatif mengadakan Gerakan Lingkungan Modern.

Gaylord Nelson kemudian merekrut Denis Hayes dari Stanford University dan Pete McCloskey dari California sebagai koordinator dan wakil ketua dalam organisasi yang dibuatnya. Organisasi tersebut akan berfokus pada pengajaran secara nasional untuk mendidik masyarakat tentang lingkungan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*