Ikuti Kompetisi Nasional ‘The 20th ATV Competition and Conference, Unika Soegijapranata Boyong 2 Gelar




Universitas-Katolik-Soegijapranata-
Ilustrasi Universitas Katolik Soegijapranata (Ist.)

SEMARANG, KalderaNews.com – Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Semarang mampu meraih dua prestasi nasional dalam satu ajang kompetisi. Mereka adalah Amadea Thirza, Bella Klarissa, dan Jimmy Christofer.

Ketiga mahasiswa tersebut tergabung dalam satu tim dan mengikuti Kompetisi Nasional ‘The 20th ATV Competition and Conference FEB Universitas Indonesia (UI)’. Mereka berhasil menyabet gelar 3rd Best Paper dan 2nd Best Team di kompetisi tersebut.

BACA JUGA:

“Tim mahasiswa Unika bernama Mahasiswa MSQN. Kami berhasil masuk dalam delapan finalis di kompetisi tersebut. Kami bersyukur karena akhirnya berhasil meraih dua prestasi di kompetisi nasional ini,” kata Jimmy Christofer.

Christofer menceritakan, pembukaan pendaftaran kegiatan tersebut telah dimulai Desember 2020. Kompetisi berlangsung secara online, hingga tahap final pada 6 dan 7 April 2021.

Dia bersama dua rekan tim awal mula tertarik mengikuti kompetisi tersebut karena berkeinginan mengisi waktu liburan dengan kegiatan positif.

“Awalnya kami mendengar kabar bahwa FEB UI mengadakan lomba akuntansi audit yang tema besarnya adalah ‘Financial Shenanigans: How’s Auditor Integrity and Independency Are Being Tested’. Dalam lomba ini terdapat dua kategori yaitu audit conference dan audit competition,” ujar Christofer.

Mereka pun mengirimkan paper untuk kompetisi jenis audit conference berjudul “Perspektif Financial Shenanigans: Dilema Etis dan Praktis” pada 7 Januari.

Selanjutnya pada 20 Maret, mereka mengumpulkan materi yang akan dipresentasikan pada 6 April. Setelah presentasi, timnya mendapat materi studi kasus dari pihak Ernst & Young (EY). EY merupakan salah satu firma audit profesional terbesar di dunia yang bermitra dengan FEB UI untuk penyelenggaraan kompetisi ini.

“Kami diharuskan mempersiapkan materi studi kasus dalam waktu semalam. Soalnya esok harinya, kami harus mendiskusikan materi studi kasus dalam diskusi financial shenanigans (Audit Case Forum),” jelas Christofer yang mengaku baru pertama kali mengikuti kompetisi ini.

Menurutnya menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Tim Mahasiswa MSQN saat mengikuti kompetisi nasional tersebut, karena Unika Soegijapranata baru pertama kalinya mengirimkan wakilnya. Di samping itu, kompetisi juga didukung oleh Top 10 Accounting Firms di dunia.

“Selain meraih prestasi 3rd Best Paper dan 2nd Best Team, kami juga mendapat tawaran magang di EY,” sambung Christofer.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*